Hal Positif dan Manfaat Dari Bermain Game


Bermain game sering dianggap sebagai penyebab seseorang menjadi pemalas dalam belajar. Hal tersebut benar adanya jika kalian meluangkan semua waktu kalian untuk bermain game. Sedangkan kegiatan yang wajib seperti belajar dan mengerjakan tugas tidak dilakukan.

Sebenarnya bermain game juga memiliki dampak positif asal tidak berlebihan dan ingat waktu. Berikut dampak positif dari bermain game diambil dari beberapa referensi.


Mengasah Otak dan Kemampuan Problem Solving

Dalam bermain game sudah pasti dibutuhkan logika dan strategi dalam menyelesaikan setiap level.

Skill yang didapatkan dalam bermain game dapat juga digunakansaat kita harus mengambil keputusan didunia nyata.


Mengembangkan Otak Kanan

Otak kanan mengatur kreatifitas, inovasi, gambaran dan lain-lain. Hal ini mampu diaplikasikan ketika didunia nyata dimana kita bisa menghasilkan inovasi dan ide-ide yang unik dan berbeda.


Penghilang Stress dan Peningkat Mood

Umumnya game dibuat agar pengguna merasa fun. Tentunya dengan bermain game, akan membuat otak menjadi lebih fresh.

Saat otak fresh, maka kegiatan kita akan maksimal.


Melatih Kerjasama Tim

Kerjasama mampu dilatih ketika memainkan game multiplayer. Tentu saja bermain game akan lebih mengasyikan ketika bermain dengan teman-teman. Hal tersebut juga membutuhkan kerjasama untuk menyelesaikan setiap level yang ada.


Belajar Berbahasa Inggris

Setiap game pasti memiliki cerita yang berbeda dan biasanya ditulis dalam bahasa inggris.

Hal tersebut membuat kita harus mencari arti dari kata atau istilah tersebut untuk menyelesaikan misi.


Melatih Kesabaran

 

Game akan memiliki kesulitan yang meningkat setiap kali kita menyelesaikan setiap level yang ada. Untuk itu dibutuhkan kesabaran yang tinggi, jika tidak kita akan frustasi.


Membangun Sifat Optimis

Kita bermain game tujuannya untuk menang. Untuk itu, diperlukan sifat optimis dalam mancapai kemenangan tersebut.


Menambah Teman

Game akan seru jika dimainkan bersama dengan teman. Kita juga bisa bermain dengan orang asing dari penjuru dunia. Maka secara tidak langsung kita bisa mempunyai teman dari seluruh dunia.


Melatih Fokus

Bermain game seperti DoTA 2 maupun game sejenis lainnya sangat diperlukan fokus. Pemain harus mampu berpikir objektif untuk mencapai tujuan akhir permainan.


Berlatih Mengatur Keuangan dan Strategi

Hal ini sangat penting dalam game yang bertema keuntungan atau Tycoon maupun game MMORPG. Pemain harus mampu me manage keuangan yang terbatas demi mencapai tujuan.


Menghasilkan Uang

Hal ini sudah tidak asing lagi di jaman sekarang. Para gamer professional membentuk tim dan bersaing dengan tim lain secara sportif untuk mendapatkan hadiah.

Bahkan mereka juga digaji oleh perusahaan untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bermain game. Tentu saja, hal tersebut akan didapat jika kita bermain dalam batas wajar dan tidak melupakan kewajiban kita didunia nyata.

Post a Comment

0 Comments