Alasan Anime Memiliki Judul Yang Panjang

 
Anime merupakan sebutan yang biasa dipakai untuk video animasi yang berasal dari jepang. Cerita anime bisa berasal dari manga, light novel, game visual novel maupun original. Setiap anime juga memiliki judul masing-masing. Nama-nama anime yang mudah diingat seperti Naruto, One Piece, Bleach, Dragon Ball, dll. pasti sudah tidak asing kita dengar. Meskipun begitu, ada juga anime yang memiliki nama yang panjang sehingga penyebutannya menggunakan singkatan.

Contoh anime populer dengan nama yang cukup panjang :

1. Anohana (Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai)

2. Danmachi (Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka)

3. Oregairu (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru)

(Untuk lebih lengkapnya nanti akan dibuat post tersendiri)

Kenapa judulnya panjang? Ternyata, ada beberapa alasan kenapa dibuat seperti itu.

 

1. Menarik perhatian pembaca

Terkadang, orang-orang malas membaca sinopsis lengkap dari sebuah novel maupun anime. Maka dari itu, memberi nama judul yang berhubungan dengan alur cerita/tokoh akan membuat pembaca sedikit mendapat gambaran akan karya tersebut. Jika sesuai minat, tentu novel tersebut akan laku.

Sebagai contoh, light novel atau anime yang bernama Itai no wa Iya nano de Bōgyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu. atau dalam bahasa inggris bernama BOFURI: I Don't Want to Get Hurt, so I'll Max Out My Defense. Setelah membaca judul tersebut, ada kemungkinan pembaca akan membaca sinopsis lebih lanjut karena penasaran dengan judul tersebut.


2. Menjadi sebuah ciri khas

Dengan begitu banyaknya pesaing yang menggeluti bidang yang serupa, maka dibutuhkan suatu keunikan agar karya tersebut mendapat perhatian calon pembaca. Salah satunya dengan memberi judul dengan nama yang panjang dan unik.


3. Menyelipkan kata kunci pada judul

Calon pembaca cenderung akan tertarik pada suatu "tema" yang ada di novel tersebut seperti "Teman Masa Kecil", "Hentai", "School", "Klub Supanatural", dsb. Dengan menaruh kata-kata tersebut di judul, maka minat calon pembaca akan meningkat.


4. Meningkatkan penjualan dengan cara yang unik

Judul yang panjang bisa membuat judul suatu karya sulit diingat. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh penulis karena penikmat novel seperti para "otaku" atau "wibu" dapat membeli dan menambah wawasan mereka. Tentu saja, mereka akan membagikan karya tersebut ke circle pertemanan mereka.

Dengan semakin dibicarakan, maka penjualan akan cenderung meningkat. Apalagi jika orang yang berasal dari "circle otaku" tersebut menyarankan novel unik berjudul panjang kepada temannya yang bukan otaku melainkan sekedar penikmat novel. Maka terciptalah pomosi dari mulut ke mulut, komunitas ke komunitas.

Terlebih lagi, fans juga akan memberikan singkatan dari nama tersebut agar singkat dan mudah dibaca.


Satu hal lagi, kenapa admin lebih menekankan ke novel dibanding anime? Karena judul panjang banyak dipakai di novel dan anime bayak yang merupakan adaptasi dari novel ( bisa juga dari manga yang terinspirasi dari novel ) dengan judul yang sama.

Sekian dan terimakasih


REFERENSI

Pendapat Admin

Artikel Pertama

Artikel Kedua

Post a Comment

0 Comments